Pusat Informasi Biologi

Rangkuman Materi Biologi Sistem Organisasi Kehidupan

Sistem Organisasi Kehidupan - Pada kesempatan ini admin cabangbiologi.net akan berbagi tentang Rangkuman Materi Biologi Sistem Organisasi Kehidupan yang merupakan bagian materi dari Rangkuman Materi Biologi SMP Kelas 7. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda lebih mudah memahami Rangkuman Materi Biologi Sistem Organisasi Kehidupan.

Sistem Organisasi Kehidupan

Sistem Organisasi Kehidupan

Kemudian Robert Hooke menemukan sel yaitu ringa kecil-kecil yang tidak ada isinya. Schleiden dan Schwann mengadakan pengamatan sel tumbuhan dan hewan yang akhirnya menemukan teori sel. Lalu, Robert Brown mengadakan pengamatan benda-benda yang ada di dalam sel yang kemudian menemukan inti sel. Kemudian Felix Durjadin memperhatikan sel yang hidup dan menemukan cairan yang berada tepat ada di dalam sel yang dapat disebut dengan protoplasma. Pada akhirnya terbentuk kumpulan-kumpulan dari sel, jaringan, organ, system organ, dan organisme untuk mencapai tujuan yang sama yaitu membentuk suatu  kehidupan. Dalam system-sistem tersebut, tidak ada yang bekerja sendiri-sendiri. Tetapi mereka saling bekerja sama sehingga membentuk proses kehidupan dalam organisme. Di dalam organism terjadi susunan organisasi yang membentuk suatu organisme.

Organisme yang ada dipermukaan bumi ini sangat beragam mulai dari organisme yang paling sederhana yaitu yang terdiri dari satu sel sampai organisme yang komplek yaitu terdiri dari banyak sel. Organisme yang terdiri dari satu sel disebut uniseluler, contohnya: Bakteri, Amoeba, Paramaecium, dan Euglene. Sedang organisme yang terdiri dari banyak sel disebut multiseluler, contoh organisme yang dapat dilihat dengan mata biasa.

Rangkuman Materi Biologi Sistem Organisasi Kehidupan

Untuk materi biologi SMP kelas 7 tentang pembahasan organisasi kehidupan secara garis besar dapat dirangkum sebagai berikut : 
  • Makhluk hidup memiliki ciri-ciri meliputi : bergerak, peka terhadap rangsang, memerlukan makan, bernafas, tumbuh dan berkembang, berkembangbiak, adaptasi, regulasi dan ekskresi.
  • Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk mempermudah mengenal dan mempelajari makhluk hidup yang beranekaragam. Klasifikasi tersebut berdasarkan adanya persamaan dan perbedaan ciri-ciri makhluk hidup.
  • Tingkatan dalam klasifikasi disebut takson yang terdiri dari : filum (division untuk tumbuhan), kelas, ordo, familia, genus dan species.
  • Untuk mempermudah membuat tingkatan dalam klasifikasi dapat menggunakan kunci determinasi yang memuat uraian tentang ciri-ciri makhluk hidup.
  • Makhluk hidup terdiri dari satu sel disebut dengan monoseluler dan bersel banyak disebut uniseluler.
  • Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup.
  • Jaringan adalah kumpulan sel-sel yang sama bentuk dan fungsinya.
  • Organ adalah kumpulan jaringan-jaringan yang sama bentuk dan fungsi.
  • Sistem organ adalah kumpulan dari beberapa organ yang membentuk suatu sistem.
  • Organisme adalah kumpulan dari berbagai sistem organ yng membentuk kehidupan.

Pengayaan :

Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke yaitu ringa kecil-kecil yang tidak ada isinya. Schleiden dan Schwann mengadakan pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan yang ahkirnya menemukan teori sel. Robert Brown pengadakan pengamatan benda-benda yang ada di dalam sel yang kemudian menemukan inti sel. Felix Durjadin memperhatikan sel yang hidup dan menemukan cairan yang ada dalam sel yang disebut protoplasma. [cb]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rangkuman Materi Biologi Sistem Organisasi Kehidupan

0 komentar:

Poskan Komentar